Merantau

Alkisah,...
Di sebuah negri Minang Kabau, anak-anak lelaki tidak tidur di rumah orang tuanya. Tetapi beajar mengaji dan silat di surau. Hingga masa remaja .. pemuda itu akan pergi merantau setelah bekal"hidup"nya yang diperoleh dari orang tua, guru/ustad, ninik mamak dan alam semesta.

**********

Di zaman sekarang tidak ada lagi belajar di surau atau belajar dengan alam semesta atau paham akan kearifan lokal. Namun,.....naluri merantau tetap ada disetiap darah pemuda Minang.
Saatnya akan tiba ketika anak tidak menjadi asuhan kita lagi karena sudah beranjak dewasa . Sedih, bangga ,khawatir, bercampur aduk.

Perantauan  di seberang pulau telah disambangi,..beberpa bulan kemudian,... tanah harapan baru pun memanggil di seberang pulau satunya lagi..
Merantau lah Nak".... Semoga harapan selalu indah di depan mu
Kami hanya berdoa,.. semoga pilihan mu ini adalah yang terbaik, Ridha orang tua In Shaa Allah akan melindungi sepak terjang ananda di perantauan.

*****

 
 
Hik...hik...hiks
Emak sok tegar tapi alay,...merantaunya nak bujang  masih di Indonesia kok,  yaitu pulau Kalimantan,..hmmm dimana ya,... Banjarmasin atau Samarinda. Banjarmasin di Kalimantan Selatan, Samarinda ada di Kalimantan Timur,.
Saya kira, bapak-bapak itu paling tegar kalau anaknya merantau. Hehh ternyata casingnya saja yang tegar,...dalam hatinya galau.
Disaat saya sudah siapkan mental jauh-jauh hari untuk mengantar si buah hati hendak merantau,,..nanti tak ada tangis bombay,..atau nasihat panjang lebar,...diam-diam,.....si bapak udah pesen tiket buat nganterin nak bujang sampai Jakarta,... What?. Di balik kalimat petuah gagah perkasa tersimpan sejumput hati yang resah. Ketika si bujang harus berpisah kelain pulau
 
 
Sungguh norak,...nganterin anak yang udah segede ituuh,...dengan agenda tersebunyi reunian . Lihat saja muka jutek pangeran ku,..yg keseell dan maluuu,...bapak e pake futu-futu segala di depan pesawat,...piuhhh..
 
 
 
 

Seolah belum cukup,..dari sekedar mengantar,..malah berkesempatan untuk mengangkangi Jakarta sambil ngecek, sudah berapa orangkah yang terjun dari puncak Monas?...(Agenda Lain)
 
Dan yang lebih membuat Fira kheki adalah acara kongkow di KUTARBAK . Soalnya kalo di Pekanbaru kami suka dilarang ngopi-ngopi di Sturbuck.Nah kontradiktif dan tidak konsisten kan?
Nah kalo disini pangeran ku seneng nih,...punya papi keren,... Handehh anak abak
 
 
 
 
 
Itulah sesi pelipur hati , anak bujang akan merantau. Dan kami ayah bunda mu tak henti berdoa untuk yang terbaik bagi kalian bertiga.
Ketika maut menjemput, hanya 3 amalan yang akan menyertai kita:
1. Sedekah jariah
2. Ilmu yang bermanfaat
3. Doa anak yang saleh
 

 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar