Jejak Reuni HUT Emas SMA 1 Bukittinggi



Kamis siang tgl 23 Juli 2009,..satu persatu kami datang ke sekolah yang sudah 21 tahun kami tinggalkan. Gedungnya masih sama, tapi ada beberapa tambahan bangunan dan pengalihan fungsi ruangan. Arah depan telah dibuka jadi lobi utama sekolah. Sementara dari samping kiri dan kanan masih dengan pintu besi masih seperti biasa.Di halaman belakang berdiri tenda besar dan pentas serta peralatan musik. Halamam dan dinding penuh dengan spanduk dan baliho Selamat datang alumni, HUT Emas, umbul-umbul dan tak ketinggalan marawa khas kota kita. Di tengah kota pun banyak baliho besar bertuliskan selamat datang alumni. Semua alumni yang datang registrasi di meja panitia , ditunggui adik-adik kelas yang manis-manis.

Acara “datang tampak muko” yang diadakan di tenda besar belakang sekolah dihadiri Bpk walikota Bukittinggi yang juga alumni SMA1 serta angkatan 60 an yang sudah sepuh. Kami bertemu ibu /bpk guru: bu Yusra Aini,Gustin,Nengsih,Marnida, Pak Baktar,Ermondri,Hokriwal,Nazarudin,Firdaus (guru sejarah) ,..Angt 88 yang sore itu datang Defiandra, Ewida, Syafitri,Dewi F,Adriani,Azmiati, Beny Azis, Yuselfanis,Aidil Fitri,Deni E, Surya Samudra (Cun) dll berkeliling ke kelas sambil bernostalgia menirukan gaya mengajar guru dan kejadian-kejadian yg unik. Meja kelas masih sama yaitu meja kayu yang sering kita coreti lalu dicat lagi..(mungkin sudah diganti tapi masih meja kayu) ruangan kelas ini belum layak untuk kelas SBI.,.dengan hiasan kelas yang menurut saya kurang enak dipandang. Acara resminya motivasi siswa oleh beberapa alumni sukses spt Firdaus 87

Malamnya berlanjut ‘ngupi-ngupi’ di bawah jam gadang. Malam itu di Bukittinggi gerimis dan terasa dingin.Peserta yang hadir diatas 30 orang. Kami berkenalan lagi sambil mengingat-ingat siapa dan wajahnya seperti apa 20 thn yg lalu….diantaranya ada Andy kaliang,Dhames, Yurizal .. Jam 12 malam setelah berfoto-foto dibawah jam gadang saya, Deni, Pis dan Nursal Fitri pamit pulang, sementara teman-teman lain meneruskan makan durian sampai jam 2 pagi, Sementara itu disekolah juga berlangsung “welcome party” sampai jam 1 malam

Jumat pagi tgl 24 Juli kami latihan basket di Lapangan Kantin –Sudirman, rencananya apak-apak menantang anak SMA1 dan amak-amak menantang angkt 79….Lah takepoh-kepoh induak-induak ko balari..tapi banyakan masih kurus-kurus spt Finna, Deni,Mimi,Wid ,Ad, Awi 89 yg juga istri Dhames dan Mira 92 istri Mbut Defianra…boleh dibilang masih “amuah balari” Cuma cepat sesak nafas…Selesai main basket mampir dulu di Simp Raya, manggasak teh talua

.Siangnya saya tidak bisa ikut bertanding karena harus bergabung dengan IASMA Riau. Tapi ternyata yang jadi tanding cuma bapak-bapak. Acara disekolah adalah pertandingan permainan tempo dulu seperti potok lele, galah,tali merdekadll. Untuk siswa Presentasi Mind Map (Metode belajar cepat,paling canggih) oleh Johand Yoga 84, Bedah buku Biografi Bpk.Sunaryaman Mustofa, Shalat Jumat bersama dng Khatib Tarmizi Firdaus di Mesjid Al-Akram yang dibangun alumni. Mulai hari ini los lambuang pasar ateh pindah ke korodor kiri dan kanan gedung belakang sekolah.. Sore jam 16, juga diadakan Rakernas IASMA . Angt 88 diwakili oleh Aidil Fitri hasilnya nanti akan dilaporkan oleh ketua.
Malamnya acara temu kangen alumni yang diisi dengan penampilan dari Iasma Riau membawakan tari indang dan lagu-lagu minang, yang diikuti oleh angt 60 an 70 an dan 80 an, penampilan Iasma Sumbar, penampilan perangkatan. Angkt 88 akan menyanyikan lagu top tn 88 nyanyinya Ikang Fawzi, tapi setelah saya dan Mimi browsing tidak menemukan lirik lagu tsb.(belakangn baru tahu ternyata Saf sudah menulisnya di millis). Akhirnya kami 88 batal tampil karn menunggu giliran terlalu lama. Malam itu wajah baru 88 banyak yang datang diantaranya Azizah Anas, Disenova,Lis, dll, kami melanjutkan ke pujasera di Bypass. Bintang malam itu adalah Joko Nawolo,.yang sekarang penampilannya lebih macho, tidak lemot lagi ( hihi sorry mas Joko)..Joko bergoyang samba…ai yaya…semua turun ,..duet Joko dan Nansy Suryati ..”cogok mancogok lah diak……..” serrru abis. Acara berakhir jam 1 malam.

Pagi Sabtu sebagai puncak HUT emas adalah pawai keliling jl tengah sawah, Sudirman, bioskop sovia, hotel hill, terus ke tembok,rumah potong,pasa banto, simp Mandiangin, lambau kembali ke SMA. Sepanjang jalan kami bertukar heboh dengan berbagai angkatan. Foto-foto sepanjang jalan.Saling ledek dengan berbagai angkatan, terutama angt 87 krn yang hadir cuma 10 orang. Sesampai di the hill angk88 memisahkan diri berkumpul di tangga the hill menonton pawai. Rombongan sepuh dibawa dengan bus terbuka. Band SMA dalam bus XL sebagai sponsor. Waktu band ini dekat kami semua 88 ikut bergoyang ria (lupa diri.com)…Serasa ABG lagi.

Sekembalinya peserta pawai acara dilanjutkan selingan lagu2 siswa dan alumni, main kim. Lembaran angka-angka dibagikan. Permainan dipandu UWO,…peserta antusias mengikuti dan menyimak angka yang disebutkan uwo. Menu makanan tradisional dilos lambuang ada kerupuk kuah, katupek kapau, cendol, lupis, pisang kapik, nasi kapau . Untuk nasi Kapau ini kami dibawa Nancy 89 istri Andi 88 ke Kapeh Panji..ipar yang baik bersedia mengantar kami makan siang. Acara lain bakti sosial operasi katarak, sunatan , donor darah, Promosi pariwisata, Lounching Mahligai Hidup dan lounching BPR.

Malam puncak acara diadakan di Convention hall Bung Hatta. Teman-teman yang baru datang Minda,Dina,Tedy Fawzi dan Ikhsan Husein. Jam 10 30 kami meninggalkan gedung menuju hotel Pusako untuk ngupi-ngupi (padahal yang diminta jus buah). Diiringi Keyboard, Minda,Nensy,Mimi ,Al, Patres dan Tedy unjuk kebolehan lagu era80 an: killing me softly duet Patres dan Wid , Surat cinta oleh Nensy, My way oleh Al. Malam itu ada 5 dokter yang ikut mangguncang hotel pusako.. Saya geli melihat I (Ikhsan) ikut berjoget agak canggung,…dipancing lagu kopi dangdutnya nensy…hati 2 saja I ntar kakimu patah lagi….Malam itu ada bbrp teman ketinggalan informasi tetap kongkow di The Hill,..akibatnya besok paginya mereka pada protes..apalaagi si Adek yang paling jengkel krn saya tidak menginformasikan …malahan saya tidak menjawab smsnya

Belum hilang kantuk pagi Minggu tgl 27 sebagi acara penutup 88 outbond di Ngarai Sianok. Kami sunguh terharu atas usaha teman-teman yang di Bukittinggi mewujudkan acara ini hingga sukses. Saya tidak tahu lagi siapa lagi nama teman2 baru apakah 88 atau 89 karena 89 juga bergabung diacara ini. Hanya warna baju saja yg berbeda kita adalah 1 sebagai alumni sma1. untuk acara reuni hut emas, secara langsung angt 88 memang belum banyak kontribusinya tdk seperti angkt senior….Insya Allah 5 atau 10 thn lagi ada diantara kita yang mau berkontribusi ke SMA1 memberikan sumbangsih tenaga dan pikirannya demi kemajuan SMA1.

Sekali lagi sukses acara 88 berkat teman2 yg di Bukittinggi,..terimakasih Patres (gak ada lo ga rame) ,Benny A (yg 3 hari ini bersama Susi meninggalkan anak2nya), Benny F , Geni ( yang sempat2nya masak agar2) dan teman-teman dibalik layar yg ikut mensponsori kita…..untuk outbondnya, acr di htl Pusako dan Pujasera…(anggap makan goreng di lapau kudo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar