Safari Buka Bersama

Tradisi dari tahun ke tahun adalah acara "Buka bersama". Kali ini bukbernya beriringan tanggal. Mulai tanggal 4,5dan 6 September 2009.
Tanggal 4 September bukber dikantor bersama para kepala sekolah dan pengaurus Yayasan. Persiapan panitia tidak berlebihan tapi menunya enak banget. Ada ayam suwir, Dendeng, sop kimlo dan gado-gado. Menu tajilnya ada es teller dan kue-kue asin dan manis. Panitia memilihkan kue Sus buah 2 tangkup yang gede, ditambah kroket, dan entah apalagi yang ukurannya jumbo.Sebelum buka semuanya jadi keliatan super jumbo.

Sore jam 5 peserta sudah mulai datang langsung ke mushola untuk mendengar tausiah. Ustad sudah ulai duduk di mimbar. Tausiah hari itu mengenai safaat dari Alquran. Diterangkan minimal harus membaca 2 juz surat dalam sehari sehingga diakhir Ramadhan bisa meng khatamkan Alquran. Selama Ramadhan atau bulan yang penuh berkah ini amat sayang jika kita melewatkan 1 keabaikan saja. Banyak berzikir dan baca Alquran. Menurut ustad tersebut nanti di padang masyar yang jarak matahari hanya sejengkal, apa yang akan melindungi tubuh kita dari teriknya matahari. Maka jika kita rajin membaca Alquran, memahami maknanya dan mengamalkannya maka kita akan dipayungi oleh Safaat Alquran.

Akhirnya azan maghrib berkumandang. Berarak-arak kami ke meja prasmanan. Gelas-gelas teh manis hangat dan es teler berpindah dari meja ketangan -tangan peserta. Seteguk demi seteguk yang penuh syukur karena kami telah menyelesaikan kewajiban berpuasa hari itu. Piring-piring kertas sudah mulai terisi kue-kue. Aku melihat peserta sangat antusias menumouk kue-kue ke piring mereka. Masa Allah apakah kue sebanyak itu tidak membuat mereka kekenyangan sebelum pindah ke menu utama. Tuuh benarkan? karena waktu Magrib sangat terbatas kami juga harus shalat berjamaah. Dengan "terpaksa" teman-teman meninggalkan piring dengan kue yang masih bertimbun didalamnya. Mubazir.

Sesuai dugaanku ketika selesai shalat kami mulai santap malam, suasananya jadi tidak seru lagi karena masing-masing sudah kekenyangan. Maka panitia pun tersenyum puas. Berpanci-panci lauk akan segera dibagi kedalama plastik 1 kiloan untuk panitia yang telah menyiapkan segala sesuatu nya agar acara sukses.Bravo panitia,...kue susnya enak banget.

Tanggal 5 September bukber di kampus. Jam 17 30 aku sudah sampai tapi baru 5 mobil yang terparkir. Aku yang diantar suami dan anak-anak keliling dulu mencari tempat buka terdekat untuk keluarga ku yang pasti harus dekat mesjid kampus juga. Balik lagi kendaraan cuma nambah 3..tapi didalam ruangan ternyata acara tausiah kultum sedang berlangsung. Dengan agak malu-malu aku menyusup diantara ibu-ibu yang belum aku kenal. Kuedarkan pandangan, aku dapat mengenali 3 orang..tapi itu tidak lama 30 menit berikut aku sudah terlibat bisik-bisik kiri dan kanan...heibohhh.

Tajil sore itu bubur kacang hijau campur kolah pisang,....mmm.....mmm???!!****. Menu makan malam ,..What??? ada petai,...tak terkira bau mulut besok siang kalau ikut menyantap menu ini. dan uuurrrghhhh.......oh NO!...no comment
Yang paling seru adalah kembali acara membungkus lauk dan kue dan aku masih kebagian...hehehe panitianya sangat baik hati.

6 September 09 Berbuka bersama anak yatim,.. mudah-mudahan anak-anak ini bergembira karena mereka membawa 3 amplop berisi uang. Ibu-ibu warga telah menyiapkan tajil, ada yang nyumbang es buah, kurma dan nasi kotak. Malam itu berlanjut dengan nuzul Quran sampai jam 12 malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar