Misteri Cd Nenek


  • Judul tulisan ini memang agak nyleneh, tapi tertuang jadi tulidan dari hasil ngobrol dengan Fira. Sambil lnulis ini pun aku masih geli dan senyum sendiri..(hmm manyuuun).Pertanyaan ku adalah #pernahkah kalian melihat underwear nenek dijemuran?# (bingung nyari tanda kutip di keypad ini,jadi mhn maaf y) Pertanyaan konyol ini akhirnya ditanggapi serius tapi sambil cekikikan. Kata Fira,fenomena kolor nenek bisa dijadikan bahan tulisan. Latar belakang masalahnya apa,.. Jawabannya nenek sering masuk angin,...lalu yg jadi masalah apa ?: Ada ada saja ide Fira... Nenek adalah ibunya papi .Kami tinggal didepan rumah beliau.Sebenarnya anak dan cucunya masih berada disekitar rmh bliau.Paling jauh ya beda kecamatan dalam kota yang sama.Nenek tinggal berdua dgn uncu,anak bungsunya yang masih lajang.Walaupun dikelilingi anak,menantu dan cucu sepertinya nenek kesepian. Kalau makan,biasanya diantar rantangan oleh anak petempuannya. Tidak ada masalah.Kebersihan rumah ada anak yang lain datang sekali seminggu. Untuk urusan ke dokter, pertemuan keluarga,dll anak ke 4 yaitu papinya Fira siap mengantar. Kalau perlu ke luar kota mengunjungi keponakan, ada anak sulungnya yang sudah pensiun,siap mendampingi. Untuk wirid,anak ke2 siap sedia.Buat nemenin ngobrol ada menantu yang sekali-sekali berkunjung, itu bukan aku. Sepintas beliau nyaman dan bahagia. 

  • Suatu pagi beliau datang diantar cucu dari anak ke dua,ke rumah tt Nina. Beliau menangis pamit ingin pergi menyusul atuk.Dalam tangannya tergulung surat tanah,sertifikat rumah untuk disimpan atau digunakan jika beliau tiada.Karuan sorenya yang kebetulan malam minggu,semua anak mensntu dan cucu berkumpul dirumah nenek, kecuali aku. Mereka bersenda gurau menyenangkan hati nenek.Untuk selanjutnya akan disusun jadwal rutin di rumsh nenek Tugas pertama diberikan ke Fira, yang kebetulan mengikuti kelas menjahit

  • . Berhubung nenek punya mesin jahit manual,maka sekalian saja Fira berlatih disana. Wah si nenek senang sekali.Mesin jahit tua itu langsung dibersihkan sambil menveritakan umur mesin ini seumuran p wo yaitu 53 tahun. Nenek juga mengajari teknik menjahit.Nampak dari raut mukanya senaaang sekali bahwa bliau masih jdianggap.(kali ini aku ikut menemani ). Menjadi orang tua tidak berarti doing nothing.ingin berkontribusi dalam kehidupan anak cucunya.Kadang kita salah paham, maksudnya untuk menyenangkan orang tua, tapi malah memenjarakannya dalam kesendirian,menonton saja apa yang dilakukan anak cucu.Kadang malah melukai hati mereka karena tidak dianggap. Minggu minggu selanjutnya bergantianlah fira,ezi dan nisa atau geng faiz yang terdiri dari eva,fajar,dan noval menemani nenek. Kalau para krucil ini sering brrakhir dengan cucuran air mata salah satu dari mereka,atau tak jarang berakhir ricuh.Biang keroknya faiz...Tapi nenek malah jadi terkekeh kekeh dengan ulah mereka ini. Para gadis remaja fira,ezi,nisa lain lagi. Dari sinilah topik cd nenek mengemuka. Pasalnya,tidak seorangpun pernah melihat ada underwear dijemuran nenek.Hihi ada-ada saja pemikiran mereka. 
  • Beberapa asumsi mengemuka, diantaranya nenek tidak pernah pakai cd, tapi pakai celana pendek boxing. In ipun tidak pernah terlihat di jemuran. Lalu asumsi lain menyebutkan nenek memakai celana panjang saja without under. Langsung dibantah engga mungkiiin.Kasak kusuk penyelidikan dengan membongkar keranjang strikaan, hasilnya nihil tidak ada petunjuk. Metode diganti dengan wawancara kepada orang terdekat yakni tante alias ibunya Ezi. Jawaban yang didapat "kalian kurang kerjaaaaan" lalu disusul ketawa ngakak si tante.Alih-alih memberi jawaban, malah menantang geng Fira untuk mencari tahu,dengan kata kunci .."dibalik kain".(yippiee tanda kutip akhirnya kutemukan) Ezi dan Nisa mundur.Tinggal Fira yang masih penasaran. Akhirnya nekat menanyakan apakah nenek punya cd. ..ke papi......karuan si papi langsung emosi,dikira ibunya udah pikun...hihi... Suatu hari nenek bercerita mengenai rambut. Sebagai perempuanharus memiliki rambut panjang.Jika bersisir rambut yang gugur harus disimpan dikantong plastik tidak boleh tercecer diluar, karena bisa sakit.Rambut itu juga bisa ditaruh di kotak penyimpanan uang atau emas :(cek di bank y fira ada berapa kwintal rambut anti tuyul di bank). Kali lain nenek bercerita tentang iklan pembalut.Menurut nenek orang sekarang haid diberitakan.itu hal yang tabu,jangankan pembalut, celana dalam saja tidak boleh dilihat orang lain.....(iyalah nek,kan aurat,gimana sih)tunggu....maksud nenek cd yang tidak dipakai,getooo. Caranya harus selalu disembunyikan dibalik tumpukan baju.Begitu juga saat menjemurnya.Bisa dijemur dikamar mandi,atau kalau diluar rumah,tetap dijemur dibawah baju.(waaah nek,apa ga jamuran tuuh blackspot) Nah akhirnya misteri terkuak,ternyata cd dan temannya selalu diumpetin nenek di balik kainnya. 

  • Nenek memang masih sangat tradidional, walaupun umurnya sebaya mamaku tapi pola pikirnya berbeda. Dalam kehidupan modern ini ternyata nenek masih menyimpan pengetahuan turun temurun yang masih dijaga dan diwariskan ke anak dan cucunya.Syah saja asal jangan bertentangan dengan aqidah.Apapun beliau adalah neneknya Fira,dan dari air susunyalah dulu anaknya yg notabene suamiku tumbuh dengan gagah.We love you ibu dan mama dengan segala perbedaan kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar