POSTCARDFICTION: NYANYI SUNYI


sumber gambar:
pelik-oh-pelik.blogspot.com
 
 
Surat itu telah meremas-remas hati  Sum. Angka-angka terpampang jelas berapa yang telah digunakannya. “Penggelapan uang perusahaan”, begitu kata yang tertulis dalam surat peringatan dari kantor tempatnya bekerja.  Tiada maksud sedikit pun untuk mencuri atau menggelapkan uang itu dalam benak SumTapi ia hanya “meminjam” sebentar dan akan mengembalikan lagi jika uangnya sudah cukup. Atau Sum akan mencicilnya tiap bulan sampai pensiun.  Hari ini kemana uang pengganti akan dicarikannya. Angka yang jauh dari kempuannya membayar hingga waktu pensiun tiba.

Sum yakin setelah ini dirinya akan dipecat. Berhenti dari pekerjaan lalu mencari pekerjaan baru dengan gaji yang sama dengan tempat sekarang. Tidak mungkin. Umur sudah beranjak pada kepala  empat. Kemampuan hanya sebagia klerikal karena hanya tamat SMEA. Memulai usaha dengan modal minus, karena hari ini pun sebutir beraspun tidak dimilkinya lagi. Panas terik dan debu yang berterbangan tidak mampu mengalihkan pandangan Sum.

Tangan sum merayapi pagar jembatan. Pelan-pelan menelusuri lekuk dinginnya besi.Air berwarna hitam bergejolak dibawah  kakinya.  Kendaraan lalu-lalang  seperti nyanyian  sunyi. Hatinya penat, pikirannya penuh. Ingin Sum menumpahkan segala kebuntuannya kedalam air hitam dibawah sana. Hilang,… dalam buncahan gelombang kekalutan rasa.

Lamat-lamat terbayang Kasih, putri sulungnya  yang terbaring tak berdaya di dipan kayu. Menunggu tangan Sum untuk membelai dan menyuapinya. Mencengkramai nya dalam kedipan matanya. Dian yang sudah remaja, selalu bertanya dan bercerita tentang harinya disekolah. Dan si bungsu Gagah, menggelayut manja menjelang berangkat sekolah. Menceritakan gambar-gambarnya. Dinosaurus, dan tawa riangnya yang menyemangati hari-hari mereka.

Bruukkkk…….seseorang menyergap dan menekannya hingga Sum sulit bernafas. Sebelum menjadi gelap Sum mengenali,…orang-orang ramai mengerumuninya, setelah itu semuanya menjadi ringan.

 (Postcardfiction1....) : 253 kata untuk diikutkan di postcardfiction kampung fiksi


Cat: Baru tahu ada istilah postcard fiction. Pengen coba keberuntungan dan latihan menulis fiksi. Pokoknya lagi kesengsem sama tulis menulis..

 

1 komentar:

  1. mbak, coba click layout, lalu pilih add a gadget, lalu pilih picture - gambarnya ada di sebelah kiri yaitu Logo postcardfiction dan Smartfren. Isi title dan captionnya. Untuk link gambar kampung fiksi : http://www.kampungfiksi.com dan utk link gambar Smartfren : http://www.facebook.com/smartfren
    dan tlg kami diinformasikan juga via twitter utk link postingan

    BalasHapus